Kamis, 20 September 2012

KARYAKU : KUMPULAN PUISI(ku) dan LAGU(ku)





SENI...Ya, saya suka seni ! Terutama Seni Sastra. Seni berarti indah.....Seni berarti penciptaan, seni berarti karya. Sastra berarti bahasa..
Seni Sastra banyak ragamnya. Namun, yang paling saya senangi adalah Puisi. Ntah itu membaca Puisi atau mencipta Puisi.
Kesenangan saya akan berpuisi, tak hanya sebatas kesengangan. Alhamdulillah...atas kesenangan yang saya miliki ini, telah banyak prestasi dan penghargaan yang saya peroleh. Terutama saat saya masih bersekolah di SD Negeri 06 Pontianak Timur. Beda puisi, beda sejarah...
Ya, kebanyakan puisi yang saya ciptakan, pasti memiliki sejarah tersendiri.
Berikut saya akan memposting beberapa hasil karya puisi ciptaan saya, dan sebuah lagu bertemakan “Sekolah Sehat” beserta sejarah di balik penciptaannya.  
 1. ALAMKU INDAH. Ini puisi yang saya ciptakan saat saya duduk di kelas 4 SD,  dimana saya mengikuti PORSENI Cipta Puisi Tingkat Kota Pontianak mewakili kecamatan PTK Timur tahun 2008. Pada Lomba itu, disediakan 5 macam tema yang berbeda. Kita tinggal memilih salah satu dan segera menciptakan puisinya di tempat tersebut dengan waktu yang telah ditentukan.  Entah mengapa saya memilih tema ini. Inspirasi yang saya peroleh saat menciptakan puisi ini saya dapat dari lingkungan tempat lomba sendiri, yang mana dari jendela saja, kita sudah dapat melihat indahnya alam kita.  Dan alhamdulillah, puisi ini membawa saya menjadi peraih Peringkat I Lomba Cipta Puisi se-Kota Pontianak dan berhak mewakili Kota Pontianak dalam ajang serupa di tingkat Provinsi yang diadakan di Kota Singkawang. Di Provinsi, sayangnya saya hanya harus puas dengan duduk di Peringkat II, karena dikalahkan dengan peserta asal tuan rumah sendiri, yaitu Singkawang, 
2. HANYA ‘ORANG-ORANG BILANG’. Puisi ini hanya sebagai bentuk keprihatinan terhadap sikap generasi bangsa saat ini, yang kurang memperhatikan lingkungannya. Serta sebagai ajakan untuk lebih mencintai lingkungan kita. 
3. KELAS DAMBAANKU. Sebenarnya sih, puisi ini sebagai bentuk harapan, bagaimana kelas yang saya dambakan. Siapa tau, kelasku bisa jadi seperti ini kan?? 
4. Lagu SEKOLAH SEHAT. Lagu ini, saya ciptakan saat saya duduk di di bangku kelas 6 SD. Pada saat itu, sekolahku tengah mengikuti lomba Sekolah Sehat, saya sedikit lupa di tingkat apa. Kepala Sekolah pada saat itu, memintaku untuk menciptakan sebuah lagu bertemakan Sekolah Sehat dengan nada menggunakan nada lagu Wajib Belajar. Alhamdulillah, lagu ini dapat selesai saya ciptakan. Dan yang lebih membanggakan lagi, lagu ini dikirim ke Jakarta, sebagai Mars Sekolah Sehat sekolahku untuk dinilai oleh Tim penilai terkait. Selain itu, dengan lagu ini, saya juga berhasil menjadi duta Lingkungan Hidup SD N 06 PTK Timur, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “PLH(Polisi Lingkungan Hidup)” bersama beberapa teman lain yang menjadi perwakilan kelas mereka. Sayangnya, walau telah sering dinyanyikan selepas Upacara bendera, lagu ini ternyata sulit untuk di hafal oleh siswa. Akibatnya.....selepas saya bersekolah di sekolahku ini, kini lagu itu tak terdengar lagi.


ALAMKU INDAH


Alamku...
Kau begitu indah, dengan beragam isimu
Aku sangat bangga padamu..

            Hutan yang lebat..
            Laut yang luas..
            Dan pantai yang indah
            Itulah alamku..

Gunung yang menjulang tinggi
Sungai  yang bersih
Sawah yang terbentang luas
Menambah indahnya alamku
           
            Alamku....
            Aku berjanji
            Takkan kusakiti engkau
            Kan kulestarikan kau sampai akhir, hayatku..





HANYA ‘ORANG-ORANG BILANG’
Orang – orang bilang…
“Generasi bangsa, harus hidup bersih!”
Bila bersih sebagian daripada iman
Maka kebersihan itu pangkal kesehatan
Namun kenyataannya?
Banyak dari kita yang tidak sadar
Akan kewajiban kita sebagai penerus bangsa
Menjaga lingkungan kita, menjaga kebersihannya
Orang – orang bilang…
Buang sampah jangan sembarangan
Mengapa harus menjaga kebersihan serta keindahan?
Karena mencegah lebih baik dari pengobatan
Namun kenyataannya ?
Sampah di mana-mana
Berserakan, bertebaran kesan kumuh pun  tercipta
Tetap saja, tak ada yang peduli
Orang – orang bilang…
Dalam raga yang sehat,terdapat jiwa kuat
Apabila hidup sehat,  bersemangat prestasi akan meningkat
Namun, itu semua hanya orang – orang bilang
Tak kan nyata,tak kan tercipta
Bila tak ada kesadaran dari kita, untuk menjaga lingkungan kita




KELAS DAMBAANKU

Kelas dambaanku…                                            
Ada komunikasi yang benar                                                     
Antara siswa dan guru

Kelas dambaanku…
Siswa paham akan kewajibannya sebagai seorang pelajar
Belajar dengan sungguh – sungguh

Kelas yang kudamba…
Siswa – siswi berahlak mulia
Selalu santun pada semua

Kelas yang kudamba…
Suasana tenang, tentram, dan damai
Tertib dan taat pada peraturan

Kelas yang kudamba…
Lingkungan kelas bersih dan rapi
Bebas dari sampah dan debu

Kelas yang kudamba…
Agama menjadi landasan bersikap
Agar dapat memberi manfaat
Kelas indah, prestasi meningkat





Lagu    :                       SEKOLAH SEHAT
                                                Nada : Wajib Belajar


Mari kita ciptakan sekolah yang sehat
Siswa- siswi, orang tua serta masyarakat
Dalam raga yang sehat tentu jiwa kuat
Hidup sehat bersemangat prestasi meningkat

Bersih sebagian daripada iman
                             Kebersihan itu pangkal kesehatan

Kalau membuang sampah jangan sembarangan
Buang sampah ditempatnya yang disediakan
Jaga kebersihan serta keindahan
Mencegah lebih baik dari pengobatan

                             Agar kita semua dapat merasakan
                             Hidup sehat bersemangat prestasi meningkat.


Pesan saya , Kita sebagai manusia, sebenarnya dibekali oleh Tuhan, bakat yang di bawa sejak lahir. Ntah seni, olahraga atau apapun itu. Kembali pada diri masing-masing, kembangkan bakat yang kita miliki, asah bakat itu atau biarkan saja mengalir apa adanya.

Kembangkan bakat yang kau miliki, insya allah bermanfaat !




Posting By : Fathur Hafizhi

2 komentar: